Kamis, 19 September 2024, WIB
Breaking News

Senin, 29 Apr 2024, 09:48:29 WIB, 1667 View Administrator, Kategori : Berita Umum

Mamuju - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov  Sulbar) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 25 April 2024.  

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sulbar Muh. Jaun. Upacara tersebut dihadiri seluruh ASN Lingkup Pemprov Sulbar, termasuk ASN Biro Pemkesra Setda Sulbar.

Peringati Hari Otonomi Daerah tahun ini  mengusung tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat". 

Dalam amanatnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sulbar, Muh. Jaun mengatakan, setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah. Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. 

“Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain,” pungkas Jaun.

Sementara itu, Kepala Biro Pemkesra Setda Sulbar, Arianto menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan ekonomi serta keseimbangan lingkungan hidup sebagai fondasi utama pembangunan daerah. 

“Langkah-langkah strategis dalam pengembangan ekonomi hijau menjadi fokus utama dalam mewujudkan visi tersebut,” kata Arianto, usai menghadiri upacara.

Upacara tersebut juga menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam upaya mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Melalui kerja sama yang sinergis, diharapkan Sulbar dapat menjadi contoh dalam implementasi konsep otonomi daerah yang berkesinambungan serta menghasilkan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Peringatan Hari Otonomi Daerah bukan hanya sebagai acara seremonial, tetapi juga sebagai panggilan untuk bertindak nyata demi masa depan yang lebih baik bagi Sulbar yang hijau dan sejahtera.

Untuk diketahui, Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 28  Tahun 2024 dipusatkan di Kota Surabaya, Kamis 25 April 2024.



Iksan Mustari : Program \"Sulbar Sepekan Menanam Mangrove \" Bentuk Nyata Komitmen Pemprov Sulbar Le
Senin, 09 Sep 2024, 10:36:00 WIB, Dibaca : 207 Kali
Pemprov Siap Dukung Penuh Proses Pilkada Serentak Demi Tercapainya Pilkada yang Aman dan Damai di Su
Senin, 09 Sep 2024, 10:32:14 WIB, Dibaca : 293 Kali
MENJAGA AKUNTABILITAS MELALUI APLIKASI BEASISWA PEMPROV SULBAR
Sabtu, 31 Agu 2024, 09:21:34 WIB, Dibaca : 9398 Kali

Tuliskan Komentar